:: SELAMAT DATANG DI BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN (BBPK) MAKASSAR :: PENYELENGGARA DIKLAT BIDANG KESEHATAN BERKUALITAS SEBAGAI RUJUKAN DI INDONESIA TIMUR :: PELATIHAN ASUHAN IBU HAMIL (ANC TERPADU) DAN KELUARGA SEHAT YANG MENJADI PROGRAM UNGGULAN BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN DI TAHUN 2019 ::

Sarana dan Prasarana

Jumlah Kunjungan

01512791
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua Hari
331
894
1225
1482497
36839
45021
1512791

Your IP: 18.210.11.249
2020-10-26 04:13

Inovasi pelatihan melalui pemanfaatan teknologi digital

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang berkembang pesat menawarkan beragam teknologi digital yang dengan mudah diunduh melalui telepon seluler maupun diakses lewat komputer. Di sisi lain, pengguna internet juga makin bertambah. Survey Asosiasi Penyelenggara Jaringan  Internet Indonesia (APJII) tahun 2016 menunjukkan lebih dari seratus tiga puluh juta penduduk Indonesia telah terhubung ke internet.

Perkembangan teknologi digital dan tingginya akses internet dapat dimanfaatkan oleh institusi pendidikan dan pelatihan, seperti BBPK Makassar, untuk melakukan inovasi pelatihan. Inovasi dapat dilakukan karena teknologi digital dapat mengurangi hambatan serta mengembangkan proses pelatihan lebih efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pelaksanaannya. 

Berbagai program dan aplikasi digital yang dapat dimanfaatkan adalah sebagai media pembelajaran, alat dalam proses evaluasi pelatihan serta forum komunikasi dan diskusi antara peserta, fasilitator dan penyelenggara diklat. BBPK Makassar sendiri telah memanfaatkan website institusi (www.bbpkmakassar.co.id) dilengkapi dengan fasilitas chatting dan aplikasi Sintpek (Sistem informasi integrasi pelatihan kesehatan). Berikut ini beberapa contoh pemanfaatan teknologi digital yang potensial diterapkan dalam proses pelatihan yang biasanya dapat diakses tanpa berbayar, populer di masyarakat dan penulis pribadi pernah menggunakannya dalam proses belajar dan mengajar. 

Media Pembelajaran

Aplikasi dan program digital dapat menjadi media pembelajaran. Proses e-learning, pelatihan jarak jauh, atau distance learning memerlukan media yang mempertemukan antara fasilitator, peserta dan penyelenggara pada satu waktu. Program seperti Skype atau Webinar menyediakan fasilitas video conference yang dilengkapi fitur pertukaran dokumen dan presentasi. Program tersebut menghilangkan hambatan jarak dan memudahkan interaksi antara fasilitator, peserta dan penyelenggara pelatihan.

Selain itu, teknologi digital juga mampu membuat dokumen kita tersimpan secara online. Dokumen seperti bahan presentasi Ppt dan materi pelatihan dalam bentuk doc dapat diunggah ke website penyimpanan seperti Dropbox dan Google Drive. Kedua aplikasi penyimpanan digital tersebut juga membantu penyebaran materi yang memiliki kapasitas penyimpanan besar yang sulit untuk dikirimkan lewat email ataupun aplikasi komunikasi WhatsApp. Karena hanya membagikan tautan penyimpanan, penyebaran virus melalui flashdrive juga dapat terhindarkan. Khusus untuk video, youtube adalah aplikasi yang banyak digunakan untuk menyimpan video. Dengan disimpan secara online, dokumen ataupun video tersebut dapat kita akses pada saat pembelajaran maupun sesudahnya. 

Alat Evaluasi

Pada saat ini, umumnya di lembaga diklat seperti BBPK Makassar, peserta pelatihan umumnya mengisi berbagai kuesioner dari berbagai jenis evaluasi penyelenggaraan diklat secara manual. Penyelenggara pelatihan kemudian akan menginput hasil kuesioner secara manual ke dalam program komputer seperti excel. Proses pengisian dan pengolahan data dapat dipermudah dengan menggunakan program survey online seperti google forms atau surveymonkey.com. Peserta pelatihan bisa mengisi data secara online dan penyelenggara dapat langsung mendapatkan hasil survey. 

Fasilitator juga bisa melakukan evaluasi kepada peserta yang memberikan hasil real time menggunakan aplikasi di website socrative.com. Dengan aplikasi tersebut fasilitator bisa memberikan soal quiz kepada peserta di dalam kelas, peserta langsung mengerjakan di tempat, dan kemudian bersama-sama melihat jawaban yang benar serta hasil statistik nilai kelas. 

Forum komunikasi

Hal penting lain dalam penyelenggaraan pelatihan adalah proses komunikasi. Social media seperti Facebook dan WhatsApp menjadi media pertukaran informasi yang sangat efektif pada zaman ini. Fanspage Facebook dapat digunakan untuk media komunikasi antara penyelenggara diklat dengan calon peserta, peserta, bahkan alumni. Diskusi grup peserta dapat dilakukan dalam bentuk grup WhatsApp ataupun Facebook group. Dalam pelatihan, peserta biasanya mendapatkan tugas kelompok. Untuk hal itu, program seperti Google Doc dapat membantu. Peserta bisa membuat dan mengedit tugas bersama-sama secara online melalui komputer masing-masing.

Ada satu program yang mengintegrasikan beberapa media di atas, yang disebut Virtual Learning Environment (VLE). VLE dapat dianalogikan dengan kelas online, merupakan tempat bertemunya peserta, pengajar dan penyelenggara. Blackboard adalah contoh VLE yang digunakan oleh banyak universitas yang mempunyai versi komersil dan free. Blackboard mempunyai fasilitas lengkap mulai dari jadwal, video conference, document sharing, proses evaluasi dan assessment hingga forum komunikasi dan diskusi. Program seperti ini sangat tepat untuk digunakan dalam Pelatihan jarak jauh yang menginginkan interaksi terus terbangun selama beberapa waktu walaupun tidak ada pertemuan secara fisik.

Betapapun canggih dan menjanjikannya pemanfaatan teknologi digital kemungkinan akan mempunyai kendala. Hal utama yang akan menjadi hambatan adalah akses internet peserta yang terbatas dan resistensi untuk merubah kebiasaan yang dilakukan. Selain itu, beberapa aplikasi dan program merupakan program berbayar terutama untuk mendapatkan fasilitas dan fitur tambahan untuk pekerjaan professional. 

Hal yang perlu diingat adalah melakukan inovasi tidak berarti merubah secara keseluruhan dan di semua aspek. Perubahan kecil mungkin akan bisa membuat dampak besar pada kinerja penyelenggara dan fasilitator serta kompetensi peserta.

Search :

Ruang Chating

Sambutan Ka. BBPK

Agenda Mingg Depan